Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Mengatasi Sulit Tidur Malam Hari



 Calon Pembaca - Latihan pernapasan yang tidak hanya membantu mu tertidur tapi juga mengurangi kecemasan dan stres. Pertama-tama tempelkan lidah ke bagian belakang gigi atas mu hembuskan nafas melalui mulut sambil membuat bunyi dan tarik napas dalam-dalam melalui hidung selama 4 detik tahan napas selama 7 detik buka mulutmu dan hembuskan napas selama 8 detik, jangan Pisahkan lidahmu dari gigi ulangi seluruh gerakan ini 3 sampai 5 kali.

   Lalu jangan tidur siang lebih dari 30 menit dan sebaiknya. Tidur siang bisa membuatmu terjaga di malam hari tapi jika dilakukan dengan benar ini akan membantumu tetap terjaga di siang hari dan takkan menimbulkan masalah pada tidur malam.

  Ponsel paling tidak satu jam sebelum waktu tidur mu cahaya biru dari layar ponsel menghambat hormon melatonin yang mengingatkan tubuhmu kapan waktunya tidur dengan membuatmu merasa lelah, cahaya biru ini menghilangkan rasa lelah dan kamu bisa kesulitan tidur karenanya cara ampuh untuk melawan pikiran buruk saat kamu berbaring di tempat tidur adalah dengan menuliskan pikiranmu dengan buku harian selama 5 menit sebelum tidur, buatlah catatan tentang berbagai kejadian positif di hari itu dan bagaimana perasaanmu sebelum naik ke atas tempat tidur, metode ini akan membantu menenangkan otak.

   Membaca sebelum tidur bisa berfungsi seperti obat penenang, membaca membantu otak fokus pada satu hal sehingga membuatnya tenang ditambah lagi kamu akan menikmati kisah yang menarik.

    Madu seperdelapan sendok makan, garam dan 1 sendok makan cairan minyak kelapa,  kamu bisa melanjutkannya dengan sedikit air, lalu minum segera sebelum tidur. Buatlah wajahmu rileks sepenuhnya termasuk otot-otot mulutmu biarkan bahu dan lengan mu terkulai untuk melepas ketegangan ambil nafas dalam-dalam dan keluarkan,  buat dadamu rileks juga kaki paha dan betis detik-detik berikutnya jernihkan pikiran.

   Membayangkan gambar yang menyenangkan bisa berupa gelembung sabun atau danau sejernih kristal atau apapun yang kamu inginkan, jika kamu tidak bisa fokus pada gambar tersebut coba katakan dalam hati "jangan berpikir berulang-ulang" selama 10 detik sebagai gantinya dalam 10 detik kamu pasti sudah jatuh tertidur.

    Otot yang tegang bisa menyebabkan insomnia, tapi jangan khawatir metode berikut ini bisa membuat tubuh rileks naikkan alismu setinggi mungkin dan tahan selama 5 detik ini akan mengencangkan otot dahi 5 detik kemudian rileks dan rasakan rasakan ketegangannya menghilang Tunggu selama 10 detik Tersenyumlah dengan lebar untuk memberi tekanan pada pipimu tahan selama 5 detik, 10 detik kemudian tutup matamu dan pejamkan kuat kuat tahan selama 5 detik lalu rileks, tunggu 10 detik lagi gerakan kepala sedikit ke belakang sehingga kamu dapat melihat langit-langit ruangan dengan nyaman tahan selama 5 detik lalu rileks sehingga posisi leher mu kembali nyaman pada bantal, berhenti sejenak selama 10 detik lanjut ke bagian tubuhmu yang lain dari trisep sampai dada tegangkan selama 5 detik lalu biarkan setiap ototmu rileks selama 10 detik,  biarkan dirimu jatuh tertidur meski kamu belum selesai.


Tags:

sulit tidur
sulit tidur siang dan malam
sulit tidur dan sesak nafas
sulit tidur karena batuk
sulit tidur gejala apa
susah tidur adalah
susah tidur artinya
susah tidur apa solusinya
susah tidur atau insomnia
susah tidur disebut
susah tidur dan sering buang air kecil
susah tidur dan gelisah
susah tidur disebabkan oleh
susah tidur dimalam hari kenapa
faktor sulit tidur
sulit tidur gejala penyakit apa
sulit tidur gejala
sulit tidur gejala penyakit
susah tidur harus gimana
susah tidur hidung tersumbat
susah tidur harus bagaimana
susah tidur hati gelisah
susah tidur lebih awal
sulit tidur minum apa
sulit tidur malam penyebab
sulit tidur merupakan akibat dari
sulit tidur penyebab penyakit
sulit tidur penyebab
sulit tidur sesak nafas
sulit tidur siang hari
susah tidur tanda apa
susah tidur tapi sudah ngantuk
susah tidur walaupun mengantuk
susah tidur walau ngantuk
cara mengatasi sulit tidur yang simple
jika sulit tidur apa yang harus dilakukan

Post a Comment for "Cara Mengatasi Sulit Tidur Malam Hari"